Penyakit Batuk dan Gejalanya

      No Comments on Penyakit Batuk dan Gejalanya

Batuk adalah refleks yang membuat tenggorokan dan saluran udara menjadi bersih. Meskipun bisa menjengkelkan, batuk membantu tubuh Anda menyembuhkan atau melindungi dirinya sendiri. Batuk bisa akut atau kronis.

batuk

Batuk akut dimulai tiba-tiba dan biasanya berlangsung tidak lebih dari 2 hingga 3 minggu. Batuk akut adalah jenis yang paling sering Anda dapatkan dengan pilek, flu, atau bronkitis akut. Batuk kronis bertahan lebih dari 2 hingga 3 minggu. Penyebab batuk kronis termasuk:

Bronkitis kronis
Asma
Alergi
COPD (penyakit paru obstruktif kronik)
GERD (penyakit gastroesophageal reflux)
Merokok
Gangguan tenggorokan, seperti croup pada anak kecil
Beberapa obat-obatan
Air dapat membantu meringankan batuk Anda – apakah Anda meminumnya atau menambahkannya ke udara dengan mandi uap atau alat penguap. Jika Anda mengalami pilek atau flu, antihistamin dapat bekerja lebih baik daripada obat batuk tanpa resep. Anak-anak di bawah usia empat tahun seharusnya tidak memiliki obat batuk. Untuk anak di atas empat tahun, gunakan hati-hati dan baca label dengan hati-hati.

Hentikan penyebaran kuman yang bisa membuat Anda dan orang lain sakit!
Influenza (flu) dan penyakit pernafasan serius lainnya, seperti virus pernapasan syncytial (RSV), batuk rejan, dan sindrom pernafasan akut berat (SARS), disebarkan oleh batuk, bersin, atau tangan yang tidak bersih.

Untuk membantu menghentikan penyebaran kuman:

Hindari kontak dekat dengan orang yang sakit.
Tetap di rumah saat Anda sakit.
Tutup mulut dan hidung Anda dengan tisu saat Anda batuk atau bersin.
Cuci tangan Anda sering dengan sabun dan air hangat selama 20 detik. Jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan antiseptik berbasis alkohol.
Hindari menyentuh mata, hidung, atau mulut Anda.
Praktikkan kebiasaan kesehatan yang baik lainnya. Bersihkan dan desinfeksi permukaan yang sering disentuh di rumah, kantor atau sekolah, terutama ketika seseorang sakit. Tidurlah yang banyak, aktif secara fisik, atasi stres Anda, minum banyak cairan, dan makan makanan bergizi.

Batuk kronis adalah batuk yang berlangsung selama delapan minggu atau lebih pada orang dewasa, atau empat minggu pada anak-anak.

Batuk kronis lebih dari sekadar gangguan. Batuk kronis dapat mengganggu tidur Anda dan membuat Anda merasa lelah. Kasus batuk kronis yang berat dapat menyebabkan muntah, kepala terasa ringan dan bahkan patah tulang rusuk.

Meskipun terkadang sulit untuk menentukan masalah yang memicu batuk kronis, penyebab paling umum adalah penggunaan tembakau, tetesan postnasal, asma, dan refluks asam. Untungnya, batuk kronis biasanya hilang setelah masalah yang mendasarinya diobati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *