5 Cara Berbasis Gaya Hidup untuk Meningkatkan Daya Ingat Anda

1. Makan dengan Benar

Makanan yang Anda makan – dan tidak dimakan – memainkan peran penting dalam ingatan Anda. Sayuran segar sangat penting, seperti juga lemak sehat dan menghindari gula dan karbohidrat gandum. Anda dapat menemukan informasi rinci tentang sembilan makanan untuk kekuatan otak di sini.

Misalnya, kari, seledri, brokoli, kembang kol, dan kenari mengandung antioksidan dan senyawa lain yang melindungi kesehatan otak Anda dan bahkan mungkin merangsang produksi sel-sel otak baru.

Meningkatkan asupan lemak omega-3 berbasis hewani dan mengurangi konsumsi lemak omega-6 yang rusak (pikirkan minyak nabati olahan) untuk menyeimbangkan rasio omega-3 hingga omega-6 Anda, juga penting.

2. Latihan

Olahraga mendorong otak Anda untuk bekerja pada kapasitas optimal dengan merangsang sel-sel saraf untuk berkembang biak, memperkuat interkoneksi mereka dan melindungi mereka dari kerusakan.

Selama latihan sel saraf melepaskan protein yang dikenal sebagai faktor neurotropik. Satu khususnya, yang disebut faktor neurotropik yang diturunkan dari otak, memicu banyak bahan kimia lain yang meningkatkan kesehatan saraf, dan secara langsung bermanfaat bagi fungsi kognitif, termasuk belajar.

Ini adalah manfaat yang diyakini para peneliti akan berlaku bagi orang-orang juga. Dalam studi satu tahun terpisah, individu yang terlibat dalam latihan sebenarnya tumbuh dan memperluas pusat memori otak satu hingga dua persen per tahun, di mana biasanya pusat itu akan terus menurun dalam ukuran.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari latihan Anda, saya merekomendasikan program komprehensif yang mencakup latihan interval intensitas tinggi, latihan kekuatan, peregangan, dan kerja inti, bersama dengan gerakan intermiten teratur.

3. Hentikan Multitasking

Digunakan selama beberapa dekade untuk mendeskripsikan kemampuan pemrosesan paralel komputer, multitasking kini menjadi singkatan dari upaya manusia untuk melakukan secara bersamaan sebanyak mungkin hal, sesegera mungkin. Pada akhirnya, multitasking dapat memperlambat Anda, membuat Anda rentan terhadap kesalahan dan membuat Anda lupa.

Penelitian menunjukkan bahwa Anda benar-benar membutuhkan sekitar delapan detik untuk melakukan sepotong informasi ke memori Anda, jadi jika Anda berbicara di ponsel dan membawa barang belanjaan ketika Anda meletakkan kunci mobil Anda, Anda tidak akan ingat di mana Anda meninggalkannya.

Kebalikan dari multitasking adalah mindfulness, yang membantu Anda mencapai fokus tanpa gangguan. Siswa yang mengambil kelas mindfulness meningkatkan skor tes pemahaman membaca dan kapasitas memori kerja, serta mengalami lebih sedikit pemikiran yang mengganggu

4. Dapatkan Tidur Malam yang Baik

Penelitian dari Harvard menunjukkan bahwa orang-orang 33 persen lebih mungkin untuk menyimpulkan hubungan di antara ide-ide yang berkaitan jauh setelah tidur, tetapi sedikit yang menyadari bahwa kinerja mereka sebenarnya telah meningkat. Tidur juga dikenal untuk meningkatkan ingatan Anda dan membantu Anda “berlatih” dan meningkatkan kinerja keterampilan menantang Anda. Bahkan, satu malam tidur hanya empat hingga enam jam dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk berpikir jernih keesokan harinya.

Proses pertumbuhan otak, atau neuroplasticity, diyakini mendasari kemampuan otak Anda untuk mengontrol perilaku, termasuk belajar dan memori. Plastisitas terjadi ketika neuron dirangsang oleh peristiwa, atau informasi, dari lingkungan. Namun, tidur dan kehilangan tidur memodifikasi ekspresi beberapa gen dan produk gen yang mungkin penting untuk plastisitas sinaptik.

Selanjutnya, bentuk-bentuk tertentu dari potensiasi jangka panjang, suatu proses saraf yang terkait dengan peletakan pembelajaran dan ingatan, dapat diperoleh dalam tidur, menunjukkan koneksi sinaptik diperkuat saat Anda tertidur.

5. Mainkan Game Otak

Jika Anda tidak cukup menantang otak Anda dengan informasi baru yang mengejutkan, akhirnya mulai memburuk. Namun, penelitian tentang plastisitas otak menunjukkan bahwa dengan memberikan otak Anda stimulus yang tepat, Anda dapat menangkal degenerasi ini.

Salah satu cara untuk menantang otak Anda adalah melalui ‘permainan otak,’ yang dapat Anda mainkan secara online melalui situs Web program pelatihan otak berbasis komputer yang dapat membantu Anda mempertajam berbagai keterampilan, mulai dari membaca dan memahami hingga meningkatkan hafalan dan banyak lagi.

Jika Anda memutuskan untuk mencoba permainan otak, idealnya akan bijaksana untuk berinvestasi setidaknya 20 menit sehari, tetapi tidak lebih dari lima sampai tujuh menit dihabiskan untuk tugas tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *