Hobi Irfan Hakim Memlihara Hewan Yang Unik

desain-rumah-irfan-hakim-3

Irfan Hakim populer jadi artis yang hoby pelihara ular. Nyaris semuanya type ular sempat ia koleksi. Saat Detik memiliki kesempatan datang ke tempat tinggalnya di lokasi Jaticempaka, Bekasi, Selasa (17/9/2013), ular yang tersisa cuma tinggal dua ekor. Mengapa ya?

” Iya, pada mati. Cocok bangun tempat tinggal ini nyatanya ada kekeliruan ventilasi. Ventilasinya sangat bagus, sedang kan bila ular itu sukanya yang agak-agak hangat lembab gitu. Jadi, mati satu-satu. Dari 20 saat ini tinggal 2, ” kata Irfan.

Ular yang tersisa datang dari type piton serta boa tanpa ada dapat. Umurnya juga masih tetap relatif muda, kurang dari 10 th.. Lain dengan hewan peliharaan yang beda, pria berumur 37 th. ini tidak sempat melepas ular itu dari kandang.

Terkecuali melindungi keamanan, juga hindari ‘kehebohan’ bila mendadak ular itu keluar tempat tinggal serta buat takut tetangga. Ke-3 anak Irfan sendiri malah sukai bermain dengan ular.

” Memanglah macamnya kan tidak berbisa, jadi tidak bahaya juga. Anak-anak telah mulai sukai, tapi ya tidak menginginkan aku terlepas dari kandang saja, ” katanya.

Walau jumlahnya menyusut, dia tidak mau menaikkan kembali koleksi ular itu. Pria kelahiran 15 Oktober 1975 itu lebih pilih merawat type koleksi yang telah ada.

***

Tidak cuma perawatan, Irfan sangat memerhatikan keperluan semuanya hewan kesayangannya. Dari mulai supply makanan yang cukup, aliran air yang baik, kandang yang bersih, ruangan bermain, sampai tempat pembuangan spesial.

” Cocok bangun tempat tinggal, yang di perhatikan bukan hanya buat penghuninya saja, tapi juga binatang. Sarana buat kura-kura bagaimana, ular bagaimana. Septitank (tempat pembuangan kotoran) di buat satu-satu, tidak digabung. Ular ada septitank-nya, kura-kura juga lain sekali lagi, ” tuturnya.

Dia mengaku bila hal tersebut cukup terlalu berlebih. Memperlakukan hewan seperti manusia. Namun, bila telah cinta, apa ingin dikata. Terlebih, menyangkut kebersihan telah tidak dapat ditawar.

” Ya, tapi bagaimana ya, kebersihan itu kan nomor satu. Jadi, memanglah mesti begini, ” tutur Irfan.

Seringkali, suami dari Della Sabrina Indah Putri itu lakukan hubungan dengan semuanya hewan yang berada di tempat tinggal. Burung kakak tua umpamanya, tidak sempat tidak hadir disapa. Demikian halnya dengan kura-kura serta ikan koi.

Bahkan juga, terdapat banyak hewan yang telah mati diawetkan dengan air keras. Maksudnya, untuk kembali kenang suatu hal yang manis semasa mereka hidup serta dijaga.

” Tidak semuanya di air keras. Sebagian yang miliki narasi saja seperti kura-kura ini, ” kata Irfan sembari tunjukkan satu kura-kura betina hasil pengawetan yang ia tempatkan tidak jauh dari mushola.

Dia tidak sempat mengkalkulasi berapakah keseluruhan hewan peliharaan yang dipunyai. Yang pasti, Irfan cuma ingat kalau ia pelihara 12 kura-kura, 55 ikan koi, sebagian burung, 2 ekor ular, satu iguana, serta beberapa hamster.

Cost yang diperlukan untuk perawatan semasing hewan itu memanglah cukup besar. Namun, itu bukanlah problem karna bapak dari Aisha Maydina Hakim, Bhavna Rakana Hakim, serta Bhiyan Raina Hakim ini telah terlanjur jatuh cinta.

” Namanya hoby, kegemaran, tentu telah tidak saksikan cost. Yang perlu kenikmatan batin serta aku memanglah penggemar binatang. Memelihara dari lahir hingga gede, bahagia banget, ” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *