Rumus Matematika untuk Bangun Datar Layang – Layang

Rumus Matematika untuk Bangun Datar Layang – Layang- setelah sebelumnya kami coba membahas mengenai cara menghitung cepat dengan menggunakan tehnik jari matika yang hanya membutuhkan tehnik dasarnya saja, nah pada kesempatan kali ini tim kami akan coba menjelaskan rumus matematika yang juga tak kalah populer di kalangan para pelajar karena kerap kali rumus ini muncul di soal-soal ujian sekolah maupun ketika ujian nasional berbasis komputer yakni Rumus Bangun datar Layang-layang

pada pembahasan kali ini kami coba merangkum cara paling mudah menghitung luas dan juga keliling dari sebuah layang layang dengan contoh soal yang cukup mudah dan simple untuk digunakan, oke simak penjelasannya dibawah ini.

 

Dibandingkan dengan beberapa bangun datar lainnya, rumus matematika untuk bangun datar layang – layang tergolong relatif agak sedikit lebih sulit. Namun begitu, jika dibandingkan dengan rumus untuk menghitung bangun ruang, rumus layang – layang masih tergolong relatif lebih sederhana.

Secara keseluruhan, hanya ada dua rumus penting yang harus kamu ketahui pada bangun datar layang – layang. Ke dua rumus tersebut adalah rumus untuk menghitung luas layang – layang dan rumus untuk menghitung keliling layang – layang.

Untuk keterangan lengkapnya, kamu dapat membaca penjabaran singkat yang telah kami siapkan di bawah ini:

Rumus Matematika Layang – Layang

Jika pada beberapa bangun datar lainnya kita hanya perlu mengetahui data mengenai panjang dan lebar saja, pada bangun datar layang – layang kita membutuhkan informasi lainya, yaitu informasi mengenai diagonal.

Nantinya, jika kamu sudah mendapatkan data diagonal, untuk menghitung luas layang – layang, kamu dapat menggunakan rumus luas layang – layang di bawah ini:

L = ½ x d1 x d2

Keterangan:

L = Luas layang – layang

d1 = diagonal 1 / diagonal vertikal (lihat gambar)

d2 = diagonal 2 / diagonal horizontal (lihat gambar)

sedangkan untuk menghitung keliling layang – layang, kamu dapat menggunakan rumus keliling layang – layang di bawah ini:

K = 2 (s1 + s2)

Keterangan:

K = Keliling layang – layang

s1 = sisi atas (lihat gambar)

s2 = sisi bawah

Itulah sedikit informasi mengenai rumus matematika untuk bangun datar layang – layang yang dapat kami bagikan kali ini. Selamat belajar dan semoga bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *