Surga di Papua Barat, Indahnya Nusantara

Jayapura, ibukota provinsi Papua dan titik masuk ke wilayah ini bagi banyak pelancong, memiliki nuansa Indonesia kontemporer yang jelas. Meskipun objek wisata di kota sangat terbatas, itu adalah tempat untuk mendapatkan izin perjalanan yang Anda perlukan untuk menuju ke area yang lebih terpencil.

 

Menuju bukit-bukit

Pedalaman Jayapura, tradisi Melanesia menegaskan dirinya. Pergilah ke kota dataran tinggi Wamena, satu jam penerbangan. Ini rumah bagi suku Dani yang terkenal di Papua dan pintu gerbang ke Lembah Baliem. Meskipun mengenakan pakaian tradisional menjadi lebih langka di kota itu sendiri, segera setelah Anda pergi ke pedesaan, Anda mungkin mulai merasa berpakaian berlebihan di antara pria yang lebih tua dengan olahraga kecil tetapi labu penis.

Trekking di pegunungan di ujung selatan Lembah Baliem adalah kelas dunia dan ini adalah daya tarik besar bagi banyak pengunjung. Pemandangannya menginspirasi dan berjalan cukup menantang dan seringkali sangat berlumpur, tetapi itu adalah interaksi budaya yang memberikan kenangan paling abadi. Tidur di lantai jerami di sebuah pondok beratap jerami dan makan ubi jalar (‘hidangan nasional’ dataran tinggi) dengan sebuah keluarga dengan pakaian tradisional akan membuat Anda merasa seperti seorang penjelajah abad ke-18.

 

Membuat makanannya

Banyak orang Papua adalah petani subsisten, dan makanan adalah keasyikan konstan. Staples adalah babi, sagu, dan ubi jalar. Di selatan, daging rusa dari rusa liar mungkin ada di menu; di pantai atau di hulu, ikan menyediakan protein. Lihat wisata papua lainnya di https://www.gotravelly.com/blog . Pola makan lokal adalah daging-dan-karbohidrat yang berat dan memiliki sedikit bumbu – bepergian dengan sebotol kecil cabe atau kecap dapat membantu meningkatkan rasa.

Dataran tinggi tidak memiliki monopoli pada lanskap yang menakjubkan. Kepulauan Raja Ampat, sekelompok ratusan pulau yang sering tidak berpenghuni di ujung barat laut Papua, misalnya, terlihat seperti diciptakan untuk semua pulau tropis lainnya di dunia yang akan dibentuk. Di darat, ada hutan dan burung cendrawasih, tetapi itu adalah kehidupan bawah laut yang kebanyakan orang datang ke sini, dengan banyak penyelam mengklaim kepulauan itu memiliki terumbu karang yang paling bagus dan paling indah di seluruh dunia.

 

Dimana hal yang liar berada

Di luar hutan, satwa liar termasuk kanguru pohon endemik, kuskus mirip kuskus, dan burung cendrawasih yang cantik. Seperti kebanyakan satwa liar asli, sebenarnya menemukannya membutuhkan pengetahuan lokal. Untungnya, panduan selalu tampak terwujud ketika Anda membutuhkannya. Bikin reviewmu di https://www.gotravelly.com/ dan menangkan hadiadnya .Tanyakan apakah ada pohon dansa di dekatnya, di mana kelompok burung jantan surga berkumpul setiap hari tinggi-tinggi, berjingkrak dan menggaruk-garuk bulu mereka. Itu pemandangan yang fantastis.

Sekitar kota selatan Merauke, Taman Nasional Wasur menawarkan perjalanan hari yang sangat baik untuk menemukan satwa liar. Dengan kawanan burung migran musiman di dataran pesisir dan walabi yang makan di dataran banjir, Anda bisa keliru karena berpikir Anda berada di Australia.

Ada sekitar 250 bahasa asli yang digunakan di seluruh Papua Indonesia, tetapi di daerah pesisir Bahasa Indonesia digunakan secara luas. Di daerah pedalaman yang lebih terpencil, penutur bahasa Inggris yang baik hanya sedikit. Pelancong yang tinggi dan adil di desa-desa terpencil kadang-kadang disambut oleh orang tua yang berbicara bahasa Belanda yang sempurna, formal – pengingat yang tak terduga dari masa kolonial sebelumnya.

Ikuti arus

Perhatian kolonial terhadap ketertiban dan ketepatan waktu telah lama hilang di Papua. Akomodasi seringkali cukup mendasar (dan hampir selalu lebih mahal daripada Anda membayar penginapan serupa di tempat lain di Indonesia), dan jadwal sangat fleksibel, jadi nikmati melambat daripada khawatir tentang mengejar ketinggalan. Anda mendapatkan sebaik Anda memberikan perjalanan di Papua. Dan, mengingat waktu dan kesabaran, itu akan kembali dalam sekop.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *